Jl. Taman Ratu Blok F1 No.7a Jakarta Barat | 021-5651738 | info@rdbeauty.id

Jangan Salah ya Beauties, Skin Care ini Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

26-Mar-2023
717

Saat ini semakin banyak jenis produk kecantikan yang ditawarkan. Kita pun sering tergiur ingin mencobanya. Tetapi jangan lupa Beauties... Kita juga harus berhati-hati, telitilah mencermati kandungan apa saja yang ada dalam skin care dan memilah karena ada kandungan skincare tertentu yang tidak boleh digunakan bersamaan.

Beberapa contohnya adalah :

- Retinol & Alpha Hydroxy Acid (AHA)

- Retinol & benzoil peroksida

- Retinol & vitamin C

- Retinol & asam salisilat

Kandungan skincare di atas jika digunakan bersamaan maka hasil kerjanya tidak akan maksimal, atau bahkan bisa mengiritasi kulitmu. 

Tidak mau hasil perawatan kulitmu mengecewakan? Karena itu, konsultasikan dahulu dengan dokter ya

 

Nah bagaimana dengan kombibasi skin care berikut, apakah boleh dipakai bersamaan?

1. Retinol dan Niacinamide

Pemakaian retinol dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti kulit kering, kemerahan, mengelupas, dan iritasi. Efek samping ini bisa timbul terutama pada tipe kulit yang sensitif atau pada penggunaan pertama kali.

Sedangkan niacinamide justru dapat membantu mengurangi dan mencegah iritasi serta kulit kering karena pemakaian retinol.

Kombinasi retinol dan niacinamide juga ternyata lebih efektif untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit, dan aman untuk mengatasi jerawat.

Dalam pemakaiannya, gunakanlah niacinamide terlebih dahulu, lalu diamkan selama beberapa saat hingga produk tersebut terserap ke dalam kulit. Setelah itu, baru pakailah retinol secara merata ke seluruh permukaan wajah.

Untuk lebih praktisnya, kita bisa mencari produk skincare yang memang sudah mengandung kombinasi retinol & niacinamide di dalamnya.

 

2. Asam Salisilat dan Niacinamide

Penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid & niacinamide sering kita temukan. 

Apa sih sebenarnya kegunaan dari kandungan2 ini?

Pada dasarnya, salicylic acid / asam salisilat adalah salah satu Beta Hydroxy Acid (BHA) yang digunakan untuk bahan eksfoliasi / merangsang pengelupasan kulit. Asam salisilat sering dikenal untuk mengatasi masalah jerawat.

Sedangkan Niacinamide adalah vitamin B3 yang dapat merangsang pembentukan ceramide dan baik untuk skin barrier/pelindung kulit. Niacinamide ini bisa digunakan untuk mengurangi pigmentasi, jerawat dan kerutan halus di kulit.

Penggunaan salicylic acid terkadang menyebabkan kulit kering. Makanya cocok jika dikombinasikan dengan Niacinamide yang memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit. 

Jadi kedua kandungan ini dapat  digunakan secara bersamaan, karena memiliki efek yang saling melengkapi

 

Nah, semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Beauties dalam memilih skin care...